6 Langkah Cara Mencuci Tangan yang Benar

6 Langkah Cara Mencuci Tangan yang Benar

6 Langkah Cara Mencuci Tangan yang Benar

6 langkah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu kebiasaan sehat yang harus diterapkan oleh semua orang. Apalagi pandemi COVID-19 saat ini semakin memprihatinkan. Rajin mencuci tangan akan membantu memutus rantai penyebaran COVID-19. Berikut adalah cara mencuci tangan yang benar.

1. Basahi Kedua Tangan dan Gunakan Sabun

Pertama, silakan basahi kedua tangan Anda dengan menggunakan air. Pakailah air mengalir untuk mencuci kedua tangan Anda. Pastikan sumber air bersih dan tidak tercemar. Setelah membasahi kedua tangan, tuangkan sedikit sabun di telapak tangan Anda. Tuangkan sabun secukupnya saja dan jangan terlalu banyak.

Ada banyak sekali jenis sabun yang bisa dipakai untuk mencuci tangan Anda. Pilih jenis sabun yang bersifat antibakteri dan tidak menimbulkan alergi pada kulit Anda. Pilih aroma sabun yang paling Anda sukai supaya Anda semakin semangat mencuci tangan. Kalau bisa, bawalah sabun cair kemana saja untuk mencuci tangan Anda.

2. Gosok Kedua Telapak Tangan

Bagian pertama yang harus dibersihkan dengan sabun adalah telapak tangan Anda. Gosoklah kedua telapak tangan Anda sampai muncul busa sabun. Gosok telapak tangan Anda secara perlahan agar tidak melukai permukaan kulit Anda. Pastikan busa sabun tersebar secara merata di seluruh permukaan telapak tangan.

Seperti kita tahu telapak tangan adalah bagian dari tubuh yang sering menyentuh benda-benda di sekitar kita. Telapak tangan bisa menjadi sarang kuman dan harus dicuci bersih dengan menggunakan sabun. Buat gerakan memutar dan maju mundur agar kedua telapak tangan benar-benar tergosok dengan sabun secara sempurna.

3. Gosok Kedua Punggung Tangan

Selain telapak tangan, punggung tangan juga harus dibersihkan dengan baik. Bagian punggung tangan memang jarang bersentuhan langsung dengan benda asing. Kita biasanya menyentuh benda-benda di sekitar kita memakai telapak tangan dan jari. Namun, punggung tangan juga bisa menjadi sarang kuman dan harus dibersihkan.

Mencuci punggung tangan dilakukan dengan menggosok kedua punggung tangan secara bergantian. Buat gerakan maju mundur dan memutar supaya punggung tangan Anda benar-benar bersih. Pastikan kedua punggung tangan mendapatkan busa sabun secara merata.

4. Gosok Sela-Sela Jari Tangan

Bagian lainnya pada tangan Anda yang sering menjadi sarang kuman adalah sela-sela jari tangan. Bagian ini seringkali disepelekan dan tidak dicuci dengan bersih. Sebagian besar orang hanya mencuci telapak tangan dan punggung tangan tanpa menyentuh sela-sela jari tangan mereka.

Padahal, bagian ini bisa menjadi sarang bagi bakteri. Mencuci sela-sela jari tangan bisa dilakukan secara bergantian. Jari-jari tangan kiri membersihkan sela-sela jari tangan kanan dan begitu pula sebaliknya. Pastikan semua sela-sela jari tangan tersentuh oleh busa sabun dan digosok sampai bersih.

5. Gosok Belakang Jari-Jari Tangan

Bagian belakang jari-jari tangan Anda juga harus dicuci sampai bersih. Bagian ini sering berkontak dengan benda-benda di sekitar kita. Kuman-kuman dari berbagai benda yang Anda sentuh bisa menetap di bagian belakang jari-jari tangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggosok bagian ini sampai benar-benar bersih.

Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, pastikan busa sabun bisa merata di bagian belakang jari tangan kanan maupun kiri. Buatlah gerakan seperti menggenggam namun kedua tangan saling bertumpuk. Gosokkan kedua tangan Anda hingga bagian belakang jari-jari tangan terusap sabun sampai bersih.

6. Gosok Ujung Jari-Jari Tangan

Ujung-ujung jari tangan seringkali terlewat untuk dibersihkan. Padahal bagian ujung jari adalah salah satu tempat favorit para kuman. Di bagian ujung jari terdapat kuku. Ruang di bawah kuku menjadi salah satu sarang kuman yang harus dibersihkan secara rutin. Pastikan sabun menjangkau bagian ujung jari-jari tangan Anda dengan baik.

Caranya mudah, Anda bisa menggosokkan ujung-ujung jari tangan kiri ke telapak tangan kanan dan sebaliknya. Pastikan ujung-ujung jari tersentuh semua oleh sabun. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di kuku-kuku jari Anda.

Waktu Mencuci Tangan yang Benar

Kapan saja Anda disarankan untuk mencuci tangan? Anda disarankan untuk mencuci tangan sesering mungkin apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang. Cucilah tangan setelah melakukan aktivitas apapun. Terutama setelah Anda dari kamar mandi, menyentuh ponsel, bekerja dengan laptop, dan lain sebagainya.

Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun akan membantu melindungi Anda dari COVID-19 yang mengerikan. Pastikan Anda juga segera mencuci tangan setelah berkontak dengan orang lain. Kita tak pernah tahu bakteri apa saja yang menempel di tangan, jadi cucilah tangan serajin mungkin untuk antisipasi.

Itulah tadi 6 langkah cara benar cuci tangan. Kita memang tidak boleh panik menghadapi wabah COVID-19 ini. Namun, kita harus selalu waspada dan berhati-hati. Mencuci tangan secara rutin bisa membantu menurunkan risiko penularan virus ini. Selain rajin mencuci tangan, pastikan Anda juga menerapkan gaya hidup yang sehat.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *