Bagaimana Cara Menolong Ibu yang Terkena Bayi Blues?

Bagaimana Cara Menolong Ibu yang Terkena Bayi Blues?

Bagaimana Cara Menolong Ibu yang Terkena Bayi Blues?

Kalau dibiarkan, bahaya baby blues akan mengintai ibu yang baru melahirkan. Gejala ini bisa saja berlanjut ke depresi pasca melahirkan yang membuat ibu membenci dirinya dan bayinya dan bisa berakibat ia melakukan hal buruk. Anda tentunya tak ingin ini terjadi pada diri dan orang di sekitar, kan? Anda bisa menerapkan cara ini untuk menolongnya!

1. Ajak Bicarakan Kekhawatiran

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melawan baby blues adalah dengan mengajak ibu hamil membicarakan kekhawatirannya. Artinya, buat si ibu terbuka dan merasa nyaman berada di sekitar Anda. Kondisi ini lebih baik dilakukan pasangannya karena sebenarnya, suami adalah yang paling mengerti hal ini. Namun, bukan berarti orang lain tak bisa.

2. Bantu Merawat Bayi

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini adalah dengan membantu merawat bayinya. Kondisi ibu yang lepas melahirkan sangat mungkin cepat lelah dan merasa tak yakin bisa merawat bayinya dengan baik. Oleh sebab itu, Anda bisa coba menyakinkan ia untuk menjadi ibu yang tabah dan tegar untuk bayinya.

Cobalah sebisa mungkin untuk membantu pekerjaan rumah tangga dan tetek bengeknya sehingga si ibu bisa beristirahat ketika bayi juga istirahat. Biarkan ibu mendapatkan waktu tidurnya yang nyaman. Suami bisa meminta bantuan ibunya atau menyewa asisten rumah tangga untuk mengurusi pekerjaan rumah dan merawat bayi.

3. Jangan Keukeh Menjadi Orang Tua yang Sempurna

Selain itu, cobalah tanamkan pada benak ibu bahwa setiap orang tak bisa menjadi ibu yang sempurna. Namun, setidaknya Anda bisa menjadi orang tua yang ideal. Kalau Anda ingin jadi orang tua yang sempurna, Anda mungkin akan merasa bersalah tatkala Anda tak bisa melakukan apa yang harus Anda lakukan.

Anda juga akan menganggap bahwa apa yang dikerjakan ibu lain jauh lebih baik dibanding apa yang Anda lakukan. Akibatnya, Anda akan memaksakan harapan yang tidak realistis pada diri sendiri dan itu akan membuka peluang diri Anda terkena sindrom ini.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan baby blues dan bagaimana cara mengatasinya, kan? Sindrom ini memang cukup berbahaya meski tak separah sindrom depresi pasca melahirkan. Peran pasangan sangat penting untuk mengatasi hal ini.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *