Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Keberadaan karang gigi acap kali mengganggu kenyamanan dan penampilan. Tak hanya dapat mengganggu dalam hal tersebut, bau mulut pun akan menyengat jika karang gigi tak kunjung dibersihkan. Bagaimanakah cara membersihkan karang gigi dengan bahan alami supaya hemat?

Adapun penyebab karang gigi sendiri beraneka ragam, salah satunya karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama pada gigi dan tidak segera dibersihkan. Apabila sisa makanan tidak segera dibersihkan, maka akan menumpuk kemudian berubah menjadi karang gigi. Air liur yang memiliki kandungan mineral bisa membentuk sisa-sisa makanan hingga jadi mengeras.

Seperti benalu, karang gigi apabila dipelihara justru malah merusak gigi. Akibatnya jika tidak segera ditindaklanjuti maka akan menyebabkan penyakit penyakit berbahaya seperti periodontitis, radang gusi, gigi berlubang dan bau mulut.

Sebagian dari Anda mungkin seringkali takut dengan metode scaling untuk membersihkan karang gigi. Namun bisa dipungkiri penghilangan karang gigi dengan metode scaling akan menyebabkan darah berkeluaran ketika proses pembersihan. Apalagi rasa ngilu juga tidak bisa dicegah dan tentunya mahal. Lalu sebenarnya apakah karang gigi bisa diobati dengan alami? Berikut ini!

Kunyah Daun Sirih

Tahukah Anda, daun sirih sangat kaya dengan manfaat untuk kesehatan gigi? Daun sirih dapat mengurangi bau mulut juga dapat membersihkan karang gigi. Caranya mudah siapkan selembar daun sirih, sisipkan cengkeh, gilas agar halus namun jangan terlalu halus. Kunyah campuran di atas sekitar lima menit lalu kumurlah.

Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Banyak sekali buah buahan yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya, seperti strawberry, jeruk, dan lemon. Ternyata buah tersebut bisa mengurangi karang gigi. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu haluskan buah tersebut saat sebelum menggosok gigi. Kemudian persiapkan pasta gigi dan sikat gigi celupkan selama dua menit pada buah yang sudah dihaluskan.

Menggunakan Kulit Jeruk

Cara membersihkan karang gigi dengan bahan alami yang satu ini terbilang sangat sederhana. Langkah pertama bersihkan kulit jeruk terlebih dahulu. Setelah itu gosokan pada gigi yang banyak ditumbuhi karang. Lakukan sebelum tidur jangan langsung berkumur tunggu setelah bangun tidur baru berkumur.

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Selain baik untuk kesehatan ternyata buah dan sayuran juga sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi. Jika Anda mengunyah buah dan sayur dengan rutin, maka perlahan-lahan karang gigi akan hilang. Terutama apel, wortel, melon, dan seledri. Selain dapat bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun juga bisa berkurang.

Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda bisa membantu menghilangkan karang gigi sekaligus memutihkan gigi Anda dengan cepat. Menggunakan baking soda ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras dan parah.

Caranya cukup mudah ambil 1 sdm baking soda kemudian tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Lalu Anda hanya perlu mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi Anda seperti biasanya selama 2 menit, kemudian berkumur menggunakan air.

Nah, itulah cara membersihkan karang gigi dengan bahan alami yang bisa Anda terapkan. Karang gigi sebenarnya bisa dicegah salah satunya dengan rajin menggosok gigi. Gosok gigi yang benar dilakukan sebelum sebelum tidur dan pagi hari selama dua menit dengan gerakan memutar supaya sisa-sisa makan di sela-sela gigi bisa terangkat sehingga tidak menyebabkan plak pada gigi. Selain itu hindari kebiasaan merokok juga dapat merawat gigi agar senantiasa bersih dan jauh dari plak.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *