Cara Memijat Kaki Bayi agar Cepat Berjalan dengan Aman

Cara Memijat Kaki Bayi agar Cepat Berjalan dengan Aman

Cara Memijat Kaki Bayi agar Cepat Berjalan dengan Aman

Anda tentu sangat bersemangat mengikuti setiap tumbuh kembang bayi. Mulai dari bayi bisa telungkup, merangkak, duduk, dan akhirnya bisa berjalan. Memijat bayi merupakan salah satu stimulasi yang bisa dilakukan. Ini cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan dengan aman.

Mulai dari Bagian Pangkal Paha

Saat Anda akan melakukan pijatan pada bayi mulailah dari bagian pangkal paha karena area ini kurang sensitif jadi bagus untuk menjadi awal mula pijatan. Caranya dengan meletakkan ibu jari di bagian pangkal paha, urut lembut ke arah atas dan bawah. Lakukan berulang selama 10 sampai 15 menit secara berulang.

Pijat Tungkai Kaki

Bagian yang perlu dipijat juga agar anak bisa cepat berjalan adalah bagian tungkai kaki atau sering dibilang tumit. Caranya dengan menepuk-nepuk lembut di bagian itu dan putar lembut kaki searah jarum jam dan membalas arahnya. Lakukan juga paling tidak 10 menit atau selama yang bayi mau saja.

Pijatan di Betis sampai Telapak

Anda juga bisa melakukan stimulasi lewat pijatan di bagian betis kaki anak. Pijatan betis ini dilakukan sampai ke telapak kakinya karena menjadi tumpuan untuk berjalan. Caranya dengan memijat ke arah atas sampai bawah secara berulang kali.

Cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan dengan memberikan sedikit tekanan secara perlahan pada bagian ibu jari Anda. Pijatan ini tak hanya menjadi stimulasi untuk bisa berjalan tetapi juga membantu melancarkan peredaran darah. Bayi Anda bisa mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

Pijat Menggunakan Minyak

Anda sebaiknya melakukan pijatan dengan menggunakan minyak yang hangat seperti minyak telon. Cara penggunaannya dilakukan sedikit-sedikit dengan dituangkan ke telapak tangan sebelum dipijatkan ke bayi. Gunakan minyak secukupnya saja jangan terlalu banyak. Selain minyak telon bisa juga menggunakan baby oil.

Anda bisa melakukan cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan ini secara rutin setiap harinya. Manfaatnya bisa membantu memperkuat sistem motorik bayi, menguatkan otot kaki, bahkan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Hanya saja jika saat pemijatan dilakukan bayi menangis, segera hentikan dan tenangkan bayi terlebih dahulu.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *