4 Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Mudah, Tanpa Obat

4 Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Mudah, Tanpa Obat

4 Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Mudah, Tanpa Obat

Sesak napas merupakan kondisi dimana napas lebih pendek dan terkadang disertai dengan bunyi “ngik-ngik”. Serta membuat dada terasa nyeri layaknya dililit tali. Jika kamu sering mengalami kondisi ini, apakah kamu meminum obat untuk meredakannya? Jika iya, ada baiknya kamu melakukan cara mengatasi sesak napas ini untuk mengurangi ketergantungan obat.

1. Bernapas Lewat Hidung dan Mulut

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sesak napas adalah dengan bernapas lewat hidung dan mulut. Cara ini dinilai sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Sebab, kamu hanya perlu menarik dan mengeluarkan napas melalui mulut guna mengambil udara yang lebih banyak.

Dengan begitu, hembusan napas yang kamu ambil akan lebih efektif dan dalam. Selain itu membuang napas melalui mulut juga berguna untuk mengeluarkan udara yang terjebak di paru-paru. Akan tetapi, untuk menerapkan cara ini tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Lemaskan otot leher dan bahu.
  • Ambil napas dari hidung secara perlahan-lahan dalam beberapa detik.
  • Buang napas secara perlahan melalui mulut, dengan bibir seperti sedang bersiul.

2. Duduk di Kursi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sesak napas adalah dengan duduk di kursi. Ya, istirahat dengan duduk di kursi akan membantumu untuk melegakan pernapasan dan merilekskan tubuh. Ketika napas terasa sesak, ada baiknya kamu segera mencari kursi dan duduk dengan kedua kaki yang memijak ke lantai secara mantap.

Selanjutnya, condongkan dada ke depan dan letakkan siku ke atas lutut. Kamu juga bisa menopang dagu menggunakan kedua tangan. Satu hal yang pasti, rilekskan otot bahu dan leher. Setelah persiapannya selesai, ambil napas secara pelan-pelan melalui hidung, kemudian hembuskan secara perlahan juga.

3. Berbaring

Selain beraktivitas berat, banyak orang juga mengalami sesak napas saat tidur. Tentunya hal ini akan membuatmu tidak nyaman dan juga mengurangi kualitas tidur. Lantas bagaimana cara mengatasi sesak napas saat tertidur? Setelah bangun, kamu bisa mengubah posisi tidurnya menjadi berbaring terlentang.

Sangga kepala menggunakan bantal, supaya posisi kepala lebih tinggi daripada jantung. Selain itu, letakkan bantal tebal atau guling di bawah lutut. Serta, pastikan punggung dan kedua tangan dalam kondisi yang lurus. Posisi ini akan melebarkan saluran udara , sehingga pernapasan akan terasa lebih lega.

4. Pakai Kipas Angin

Berdasarkan penelitian Journal of Pain and Symptom Management menjelaskan, bahwa aliran udara yang sejuk akan membantu dalam melancarkan pernapasan. Sebab, itulah kamu bisa mengarahkan kipas angin ke wajah sebagai salah satu upaya mudah untuk mengatasi masalah sesak napas.

Nah, itu dia empat cara mengatasi sesak napas yang bisa kamu lakukan dengan mudah, tanpa harus ketergantungan dengan obat. Selain menggunakan keempat cara tersebut, kamu juga bisa minum kopi untuk meredakan sesak napas. Sebab, kafein pada kopi berguna untuk melemaskan otot ada saluran pernapasan.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *