Cara Mengobati Radang Gusi Dengan Bahan-bahan Alami

Cara Mengobati Radang Gusi Dengan Bahan-bahan Alami

Cara Mengobati Radang Gusi Dengan Bahan-bahan Alami

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga penting untuk menghindari masalah kesehatan seperti sakit gusi. Gusi bengkak sering terjadi pada banyak orang. Penyebabnya bisa dari kebiasaan sederhana seperti menyikat gigi terlalu keras, luka, penumpukan karang gigi, memakai peralatan ortodontik, memakai gigi palsu. Lalu, bagaimana cara mengobati radang gusi yang mengganggu aktivitas sehari-hari?

Apa Itu Radang Gusi?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengobati radang gusi, ada baiknya kita mengetahui apa itu peradangan pada gusi. Gusi bengkak adalah masalah kesehatan mulut dimana gusi tumbuh tidak normal dan tampak menonjol yang telah menjadi tanda-tanda gusi meradang sehingga mengalami pembengkakan. Kondisi ini sering disebut dengan gingivitis atau radang gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri

1. Berkumur dengan Air Garam
Air garam merupakan cara yang bagus untuk mengobati gusi bengkak karena dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan mengurangi bakteri di gusi yang dapat menyebabkan pembengkakan. Siapkan secangkir air matang kemudian tambahkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas dan aduk hingga tercampur merata kemudian kumur dan buang.

2. Kompres Es Batu atau Air Hangat
Cara berikutnya yaitu Anda bisa mencoba mengompres bagian yang sakit dari luar dengan menggunakan es batu atau air hangat untuk membantu meringankan rasa sakit. Es dapat digunakan dengan membungkus es dengan kain bersih dan dikompres ke area yang sakit dengan menekannya dengan lembut.

Untuk kompres air suam-suam kuku, panaskan dalam pemanas air sampai suam-suam kuku dan tidak perlu sampai mendidih. Celupkan kain bersih ke dalam air hangat, lalu peras. Kemudian lakukan hal yang sama dengan meletakkan kain hangat dengan lembut ke wajah dan gusi yang sakit. Cara ini bisa Anda lakukan sampai rasa sakit dan pembengkakan berkurang.

3. Manfaatkan Kandungan Curcumin Kunyit
Komponen kurkumin kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, kunyit memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga kunyit dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan berdarah, serta gusi merah dan bengkak.

Untuk pengobatan ini, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh air. Aduk sampai campuran halus seperti pasta terbentuk. Kemudian, oleskan pada gusi yang bengkak dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih saat membilas.

4. Cengkeh sebagai Pereda Nyeri
Sejak dahulu kala, rempah-rempah dan ramuan herbal selalu menjadi alternatif pengobatan rumahan untuk mengobati radang dan radang gusi. Cengkih merupakan salah satu bahan herbal yang digunakan sebagai pereda nyeri atau pereda nyeri.

Caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan kunyit. Buat pasta bubuk cengkeh dengan mencampurkan bubuk cengkeh dengan air hangat, lalu oleskan langsung pada gusi hingga rasa sakitnya mereda dan berkumurlah dengan air.

5. Spray Minyak Esensial
Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya yaitu dengan membuat semprotan dari essential oil sendiri di rumah. Ini juga cukup sederhana. Isi botol semprot ukuran bebas, tambahkan sekitar 5 tetes minyak esensial. Kocok dan semprotkan secukupnya pada gusi yang sakit. Pastikan untuk berkumur dengan air setelah digunakan. Minyak seperti peppermint, oregano, dan cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi alami.

6. Sikat Gigi Dengan Benar
Daripada mencari cara mengobati radang gusi, tidak ada salahnya melakukan pencegahan. Sebaiknya selalu menyikat gigi setiap 2x sehari pagi hari dan malam hari. cara menyikat gigi juga tidak boleh asal agar setiap sela gigi dan gusi bisa bersih dari kuman. Anda bisa menggunakan pasta gigi dan sikat gigi Pepsodent untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.