6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Menyehatkan

6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Menyehatkan

Saat kolesterol dalam darah berada diatas kadar normal (>200 mg/dL), biasanya hal tersebut bisa meningkatkan resiko munculnya berbagai macam penyakit. Hal tersebut perlu segera diatasi, karena penyakit seperti jantung hingga stroke bisa saja muncul.

Agar tidak terjadi hal buruk pada kesehatan, maka sebaiknya anda harus segera mengatasi kolesterol tinggi secara alami. Bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

1. Perbanyak Makan Sayuran dan Buah

Hal pertama yang perlu anda pehatikan adalah harus memperbanyak makan sayuran serta buah agar kolesterol dalam darah turun. Kandungan serta dalam sayur serta buah bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Omega-3

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3. Hal tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah sehingga anda terhindar dari penyakit berbahaya.

3. Makanan Rendah Lemak

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih makanan yang rendah lemak, karena itulah anda sebaiknya tidak mengkonsumsi gorengan. Anda masih bisa mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak hingga tahu.

4. Olahraga Teratur

Hal lain yang tidak boleh anda lupakan adalah olahraga secara teratur dan menjaga pola makan dengan makanan yang berkualitas. Tidak hanya tubuh menjadi bugar, olahraga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.

5. Serat Larut

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami selanjutnya adalah mengkonsumsi makanna yang memiliki banyak serat larut. Contohnya saja alpukat, brokoli, pir, wortel, kacang hingga gandum yang dijamin membuat tubuh anda lebih sehat.

6. Kontrol Berat Badan

Cara alami yang bisa menurunkan kolesterol jahat adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal, hindari obesitas. Jalani diet jika memang anda terdiagnosa bahwa memiliki kolesterol jahat yang tinggi, jadi bisa menjaga kadarnya tetap stabil.

Itulah 6 cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa anda gunakan agar kolesterol bisa stabil dan tidak menimbulkan penyakit lain, terima kasih.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *