Yuk Pahami 5 Cara Pakai Retinol yang Benar!

Yuk Pahami 5 Cara Pakai Retinol yang Benar!

Yuk Pahami 5 Cara Pakai Retinol yang Benar!

Apa sih retinol itu? Apa kamu tahu bagaimana cara pakainya? Oke, retinol itu adalah kelompok dari retinoid yang berasal dari turunan vitamin A. Produk dengan kandungan retinol sedang menjadi list favorit di pemakaian skincare orang-orang.

Retinol sendiri bekerja untuk meregenerasi kulit yang mati. Penggunaan retinol yang tepat akan membuat kulit wajah terhindar dari masalah kerutan. Tapi tahukah kamu kalau retinol tidak bisa dipakai secara sembarangan? Agar tidak salah lagi, yuk kenali 5 cara pakai retinol yang benar!

1. Gunakan Retinol dan Bahan Aktif Lainnya Secara Terpisah

Penggunaan retinol tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan bahan aktif tertentu. Berikut bahan aktif yang tidak dapat dicampur oleh retinol; AHA/BHA, benzoil peroksida, asam salisilat, dan vitamin C. Mulai hari ini kamu harus perhatikan bahan apa yang terkandung di dalam skincare-mu. Kamu bisa menggunakan retinol dan bahan aktif lainnya secara bergantian di hari yang berbeda.

2. Perhatikan Kondisi Kulit

Tahap selanjutnya untuk penggunaan retinol yang benar adalah perhatikan kondisi kulitmu. Kamu harus tahu seberapa butuh kamu menggunakan retinol. Jangan sampai hanya tergiur karena sedang viral, lantas kamu mengikutinya. Kondisi kulit setiap orang berbeda, maka cari tahu apakah perlu menambahkan retinol di daftar skincare harianmu.

Kemudian perhatikan juga kondisi kulit wajah setelah pemakaian retinol. Apakah mengalami kemerahan berlebih dan iritasi lebih dari 3 hari. Bila mengalaminya, hentikan pemakaian retinol. Itu tandanya kulitmu tidak cocok dengan retinol.

3. Batasan Usia Pemakaian Retinol

Pemakaian retinol memiliki manfaat sebagai anti aging atau untuk mengatasi penuaan dini. Maka dari itu tidak sembarang orang yang boleh menggunakannya. Batasan pemakaian retinol dimulai dari usia 20-an. Begitulah cara pakai retinol yang benar.

4. Cukup Tepukan Retinol Pada Wajah

Selanjutnya untuk pemakaian retinol, kamu cukup tuang 2 tetes cairan retinol di atas kapas atau permukaan tangan. Lalu tepuk-tepuk secara perlahan pada bagian wajah. Jangan pernah menggosoknya secara kasar. Hal ini harus dilakukan agar kulit wajahmu tidak teriritasi.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Penggunaan retinol akan menimbulkan wajah yang sensitif terhadap paparan sinar matahari. Wajah akan mudah memerah apabila langsung terkena matahari siang. Efek yang terjadi masih dapat dikatakan wajar.

Asal tidak menimbulkan rasa perih dan terbakar. Maka dari itu kamu harus selalu menggunakan sunscreen jika beraktivitas di luar rumah. Gunakan juga topi atau penutup wajah yang mampu menghalangi paparan sinar matahari langsung.

Itulah 5 cara pakai retinol yang benar. Semoga kamu tidak keliru lagi dalam penggunaan retinol. Jangan sampai niat kamu ingin mempercantik wajah malah membuatnya teriritasi karena cara yang salah. Lebih teliti dan bijaklah dalam pemilihan skincare harianmu. Cari tahu bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Tetap semangat dan jadilah cantik yang tepat.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *