Daftar Makanan Sehat untuk Jantung

Daftar Makanan Sehat untuk Jantung

Daftar Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan memang merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan karena makanan memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan organ tubuh salah satunya adalah jantung. Oleh karena itu, mengetahui makanan sehat untuk jantung sangatlah penting sehingga anda bisa menjaga kesehatan anda dengan baik terlebih untuk menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit yang mengancam organ jantung.

4 Rekomendasi makanan sehat Untuk jantung

Makanan memang bisa meningkatkan tekanan darah, kolesterol dan juga trigliserida yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Gandum utuh

Makanan pertama yang bisa menjaga kesehatan jantung adalah gandum utuh dan yang termasuk didalamnya adalah seperti beras merah, oat, barley serta quinoa. Makanan tersebut merupakan makanan tinggi serat yang sehat untuk jantung. Ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi lebih banyak biji-bijian setiap haari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Sayuran hijau

Adapun makanan kedua adalah sayuran hijau seperti bayam dan kangkung yang merupakan makanan yang kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan. Secara khusus sayuran ini merupakan sumber vitamin K dan nitrat makanan yang mana hal tersebut mampu mengurangi tekanan darah, meredakan kekakuan arteri dan mendukung fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Buah berry

Buah ini sendiri merupakan buah yang kaya akan antioksidan seperti anthocyanin yang bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan juga peradangan yang berperan dalam perkembangan penyakit jantung. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari stroberi beku selama delapan minggu bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 11%.

Alpukat

Adapun makanan sehat yang bisa menjaga kesehatan jantung adalah alpukat. Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi menyatakan bahwa kelompok yang mengkonsumsi alpukat akan mengalami penurunan kolesterol jahat sehingga secara signifikan mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.