Manakah yang Benar, Deadline atau Dateline?

Manakah yang Benar, Deadline atau Dateline?

Manakah yang Benar, Deadline atau Dateline?

Secara pengucapan oleh lidah orang Indonesia memang sama persis, namun ini akan salah kaprah bila diucapkan orang luar negeri. Penggunaan kata untuk menunjukkan batas waktu harus lebih diperhatikan. Hal ini karena kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara deadline atau dateline:

Arti Kata Dateline

Date secara bahasa memiliki arti tanggal dan line memiliki arti baris atau garis. Sehingga dateline diartikan sebagai baris suatu waktu atau tanggal, bukan merupakan batas. Baris waktu atau bisa disebut tenggat waktu berbeda dengan batas waktu.

Arti Kata Deadline

Dead memiliki arti mati dan line memiliki arti baris atau garis. Deadline secara arti kata memiliki makna garis mati. Deadline yang diartikan sebagai garis mati ini memiliki arti bahwa waktu yang diberikan sudah tidak berlaku. Arti kata lain, batas waktu yang terlampaui, sudah tidak berlaku bagi suatu pekerjaan atau kegiatan tertentu.

Penggunaan Kata Dateline

Penggunaan kata deadline atau dateline ini biasanya digunakan untuk menunjukkan keterangan tanggal dan tempat kejadian. Dateline biasa digunakan pada penulisan suatu naskah. Letak penulisan garis waktu ini biasa dituliskan di awal suatu naskah berita. Penulisan suatu media online, dateline terbagi atas date line dan place line.

Sebagai contoh date line yaitu Minggu, 10 Juli 2020 dan contoh place line yaitu Jakarta. Date line menunjukkan bahwa berita tersebut diunggah pada tanggal 10 Juli 2020 dan place line menunjukkan tempat kejadian pada berita yang ingin diinformasikan.

Penggunaan Kata Deadline

Penggunaan kata deadline biasa dipakai untuk menunjukkan batas waktu yang tidak boleh dilalui untuk suatu pekerjaan atau kegiatan. Contoh deadline pengumpulan tugas kuliah tanggal 10 Juli 2020 pada jam 12 siang. Hal ini memiliki arti bahwa pada tanggal dan jam tersebut adalah batas akhir pengumpulan tugas, tugas tidak akan berlaku jika dikumpulkan setelahnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan pada pengucapan batas waktu yang benar antara deadline atau dateline. Selain kedua kata tersebut, terdapat juga istilah headline, byline, placeline yang mendampingi kata dateline pada suatu naskah tulisan. Pengucapan yang hampir sama namun memiliki makna yang berbeda.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *