9 Herbal untuk Ginjal Bantu Mengobati Penyakit dan Menjaga Kesehatan

9 Herbal untuk Ginjal Bantu Mengobati Penyakit dan Menjaga Kesehatan

9 Herbal untuk Ginjal Bantu Mengobati Penyakit dan Menjaga Kesehatan

Herbal untuk ginjal saat ini banyak dicari oleh pasien yang mengalami masalah pada organ dalam ini. Bukan hanya pasien saja, tapi Anda yang masih sehat pun dapat mengonsumsi herbal untuk menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ tubuh pada manusia yang memiliki tugas penting, yaitu membuang limbah dan racun. Apabila bagian ini mengalami kerusakan maka akan berefek pada kesehatan tubuh dan membuat terjadi banyak masalah kesehatan.

Herbal untuk Ginjal

Ginjal bekerja membersihkan sekitar 200 liter darah dalam sehari dan membuang setidaknya 2 liter limbah dan racun melalui saluran kemih. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi ginjal sebagai pembersih tubuh dari racun dan limbah yang masuk ke dalam tubuh.

Karena memiliki banyak fungsi, kesehatan ginjal harus selalu dijaga agar kinerjanya selalu optimal. Ada banyak cara untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, diantaranya dengan mengonsumsi herbal untuk membersihkan dan merawat ginjal berikut ini:

1.     Akar dan Biji Seledri

Herbal untuk ginjal bisa Anda dapatkan dari tanaman seledri. Tanaman hijau satu ini biasanya digunakan untuk bahan masakan dan sangat mudah tumbuh di Indonesia. Ternyata, bukan hanya daunnya saja yang memiliki manfaat, tapi akar dan biji seledri juga dapat digunakan sebagai salah satu herbal yang membersihkan ginjal.

Dalam akar dan biji seledri terdapat diuretik alami yang mengandung kalium serta natrium. Kedua kandungan ini dapat membantu menstimulasi dan membersihkan ginjal. Anda dapat mencampurkannya dalam makanan atau secara khusus mengolahnya menjadi minuman herbal.

2.     Akar Dandelion

Ternyata akar bunga Dandelion pun merupakan diuretik alami sehingga dapat digunakan sebagai herbal untuk menstimulasi dan pembersih ginjal. Kandungan antioksidan dalam akar dandelion juga mampu membantu regenerasi sel dan mencegah kerusakan sel.

Manfaat lain dari akar dandelion adalah membantu mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan melawan peradangan. Akar dandelion dapat diramu menjadi teh atau sirup sehingga mudah dikonsumsi. Namun, pastikan dahulu Anda tidak alergi dengan tumbuhan satu ini.

3.     Peterseli

Satu lagi tanaman yang sering digunakan untuk bahan masakan yang ternyata juga dapat digunakan sebagai herbal untuk ginjal karena di dalamnya mengandung diuretik alami, yaitu peterseli.

Kandungan vitamin K di dalam peterseli dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan menjadi pembersih alami untuk organ dalam ini. Anda dapat mengolahnya menjadi teh agar mudah dikonsumsi. Namun, jangan mengonsumsi peterseli ketika Anda tengah mengonsumsi obat pengencer darah.

4.     Bearberry

Pernah mendengar tentang bearberry? Ini adalah salah satu tanaman herbal yang diketahui dapat membantu meredakan infeksi. Namun, tanaman herbal satu ini juga dapat membantu menenangkan saluran kemih dan membersihkan ginjal secara alami.

Saat ini sudah banyak ekstrak bearberry yang dijual di apotek dan toko obat. Anda juga dapat mengonsumsinya sebagai minuman teh.

5.     Cuka Apel

Kandungan asam asetat dalam cuka apel ampuh menghancurkan batu ginjal dan dapat mengurangi rasa sakit akibat penyakit batu ginjal. Anda dapat secara perlahan menyembuhkan penyakit batu ginjal dengan mengonsumsi 2 sendok cuka apel yang dicairkan dengan 250 ml air putih setiap hari.

6.     Jus Delima

Buah delima memang seringkali disebut sebagai buah yang dapat mengobati beragam penyakit. Salah satunya adalah membantu meningkatkan fungsi ginjal dan melarutkan batu ginjal. Buah delima mampu menurunkan risiko terjadinya batu ginjal sebab memiliki kandungan vitamin C dan K, folat, dan potassium. Anda dapat mengonsumsi segelas jus delima setiap hari.

7.     Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bukan hanya bagus digunakan sebagai bumbu masakan, nyatanya bawang putih dan bawang bombay mampu membantu menjaga kesehatan ginjal. Cara mengonsumsinya dengan menumis kedua bawang ini dan mencampurkannya ke dalam masakan atau langsung konsumsi apabila Anda menyukainya.

8.     Air Lemon

Herbal untuk ginjal berikutnya adalah air lemon. Perasan lemon memang seringkali digunakan sebagai obat herbal, terutama untuk meredakan batuk. Ternyata asam sitrat dalam lemon juga mampu mencegah dan memecah batu-batu kecil di dalam ginjal sehingga penyumbatan ureter dapat dicegah.

9.     Jus Nanas

Sesekali cobalah membuat jus nanas kemudian minum setidaknya satu gelas sehari. Kandungan enzim bromelain dalam nanas mampu menjaga kesehatan dan menurunkan risiko iritasi ginjal. Selain itu, juga meningkatkan sirkulasi darah dan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Mulai sekarang Anda bisa menjaga kesehatan ginjal dengan mengonsumsi tanaman herbal yang sesuai. Berbagai tanaman herbal untuk ginjal dapat Anda konsumsi berselang setiap hari sesuai dengan persediaan di rumah. Pastikan untuk mengolahnya dengan baik sehingga mengonsumsinya pun menjadi lebih nyaman.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *