Kenapa Kulkas Tidak Dingin Padahal Kompresor Panas?

Kenapa Kulkas Tidak Dingin Padahal Kompresor Panas?

Hampir di setiap rumah pasti memiliki kulkas yang bertujuan untuk menyimpan bahan baku makanan agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Membuat es juga menjadi lebih mudah dengan adanya kulkas. Namun masalah utama yang paling sering terjadi pada kulkas yaitu tidak dingin. Banyak faktor penyebab kenapa kulkas tidak dingin seperti saat membelinya.

Penyebab Kompresor Panas Tapi Kenapa Kulkas Tidak Dingin

Walaupun kulkas kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali, kompresor akan tetap panas namun ternyata kulkas tidak dingin seperti biasa. Banyak penyebab yang memungkinkan hal ini terjadi salah satunya karena pipa kapiler buntu atau bahkan kumparan motor terbakar.

Kumparan motor terbakar bisa saja terjadi karena kulkas yang sering mati kemudian dihidupkan kembali dengan cepat di bawah 5 menit secara berulang kali yang bisa saja terjadi apabila stop kontak kurang baik, mati lampu singkat, dan lain sebagainya.

Saat kondisi kompresor tidak stabil, kompresor akan mengalami panas yang berlebih karena kulkas yang hidup mati terus menerus. Terdapat overload protector yang akan mematikan hubungan listrik ke kompresor agar kompresor dapat menjadi dingin kembali. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka beban kerja kompresor bisa meningkat dan menjadi sangat panas yang akhirnya bisa terbakar.

Kompresor juga bisa menjadi panas jika ada masalah seperti kompresor melemah, relay kompresor tidak bekerja, oli kompresor kering, sirkulasi freon terhambat, dan masalah lainnya menyebabkan kompresor menjadi bermasalah yang akhirnya dapat merusak kulkas.

Apabila kompresor bersuhu normal namun udara kulkas tidak dingin atau hanya dingin sedikit, bisa saja dikarenakan terdapat bunga es berlebih sehingga menghambat sirkulasi udara dingin dari lubang udara karena tertutupi oleh bunga es.

Walaupun beberapa kulkas dilengkapi dengan fitur no frost, tidak menjamin kulkas akan terbebas dari bunga es. Ketika kompresor bekerja selama 7 jam, kompresor akan dihentikan selama 30 menit untuk mencairkan bunga es dengan heater evaporator. Namun apabila timer no frost macet maka evaporator bisa tertutup bunga es dan menghambat udara dingin masuk ke dalam kulkas sehingga menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *