Deteksi Corona Dengan Layanan Rapid Test Gratis di SehatQ.com

Deteksi Corona Dengan Layanan Rapid Test Gratis di SehatQ.com

Deteksi Corona Dengan Layanan Rapid Test Gratis di SehatQ.com

SehatQ.com mulai menyediakan layanan rapid test corona untuk membantu masyarakat melawan virus corona yang menyebar di Indonesia. Rapid test corona merupakan suatu jenis pemeriksaan untuk mendeteksi apakah seseorang terinfeksi COVID-19. Rapid test biasanya digunakan sebagai pemeriksaan atau screening awal infeksi COVID-19 dan dilakukan pada orang-orang yang memiliki resiko tinggi terinfeksi COVID-19.

Di Indonesia juga sudah mulai masuk alat untuk melakukan rapid test dan sudah tersedia di beberapa fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh pemerintah. Rapid test corona menggunakan sampel darah seseorang yang dicurigai terinfeksi virus corona dan kemudian diperiksa kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus yang terdapat di dalam tubuh.

Setiap orang memiliki antibodi yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh. Antibodi inilah yang bertugas untuk melindungi tubuh dan melawan virus, bakteri, dan benda-benda asing lainnya yang dapat merusak tubuh. Pada pemeriksaan rapid test inilah akan dilakukan pemeriksaan kadar antibodi imunoglobulin dalam tubuh.

Kelompok Orang yang Diwajibkan Melakukan Rapid Test di SehatQ.com
Meskipun di Indonesia sudah banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan rapid test, tidak semua orang bebas dan boleh sembarangan melalukan rapid test. Hal ini dikarenakan rapid test diutamakan bagi orang-orang yang memiliki resiko yang tinggi terinfeksi virus corona agar dapat mencegah penyebaran lebih luas lagi ke orang-orang di sekitar.

Rapid test hanya diperuntukkan dan direkomendasikan bagi beberapa kelompok orang saja sehingga oran-orang yang tidak memiliki resiko atau dicurigai terinfeksi virus corona tidak perlu melakukan rapid test. Berikut kelompok orang yang direkomendasikan melakukan rapid test :

• Orang Tanpa Gejala (OTG), terutama orang yang melakukan kontak dengan pasien positif terinfeksi COVID-19 atau memiliki riwayat minimal 7 hari atau yang memiliki resiko tertular dari penderita COVID-19.
• Orang Dalam Pemantauan (ODP).
• Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
• Orang dengan profesi yang sehari-harinya melakukan kontak dengan banyak orang, seperti tenaga kesehatan, tentara, polisi, sopir kendaraan umum, kurir, pengemudi ojek online, pejabat publik, petugas pelayanan publik, dan sebagainya.

Beberapa kelompok orang ini lebih direkomendasikan untuk melakukan rapid test untuk mendeteksi apakah orang tersebut positif terinfeksi COVID-19 atau negatif. Melakukan pemeriksaan bisa dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat yang menyediakan rapid test.

Namun untuk memudahkan pendaftaran, saat ini sebuah platform layanan kesehatan yaitu SehatQ.com telah menyediakan layanan rapid test secara gratis bagi orang-orang yang beresiko tinggi terinfeksi. Pendaftaran dan konsultasi bisa dilakukan langsung melalui website SehatQ.com dan yang pastinya bisa dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Customer service dari SehatQ akan mengarahkan anda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui fitur Chat Dokter di SehatQ dan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai pemeriksaan awal apakah seseorang beresiko terinfeksi ataukah tidak. Apabila memiliki resiko yang tinggi maka akan diarahkan untuk melakukan rapid test di fasilitas kesehatan yang ditunjuk.

Apabila hasil test menunjukkan hasil positif maka pasien COVID-19 akan mendapatkan penanganan lebih lanjut dari tenaga medis. Apabila menunjukkan hasil negatif, maka orang tersebut akan diizinkan pulang dan direkomendasikan untuk tetap menjalankan karantina mandiri dengan tujuan untuk mencegah dan menghentikan penyebaran virus corona.

Selama masa karantina, sebaiknya untuk tetap fokus pada kesehatan dan menjalankan pola hidup yang sehat agar dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi resiko terinfeksi virus corona. Untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan dan pola hidup sehat bisa membaca kumpulan artikel di SehatQ.com dengan berbagai kategori yang lengkap.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *