Letak Sendi Pelana Pada Tubuh Manusia

Letak Sendi Pelana Pada Tubuh Manusia

Letak Sendi Pelana Pada Tubuh Manusia

Sendi pelana merupakan bagian dari jenis sendi manusia yang terlibat dalam diarthrosis. Sendi pelana juga dikenal sebagai sendi interseluler. Memang pada setiap ujung sambungannya membentuk sadel yang menyebabkan pertemuan sadel tersebut membentuk huruf “X”. Letak sendi pelana tentunya hanya pada beberapa bagian tubuh.

Dengan cara ini, tulang dapat melakukan gerakan rotasi tetapi tidak ke segala arah. Bentuk sambungan sadel ini ada yang cekung dan juga cembung. Pada setiap tikungan sendi dan sebagainya. Hal inilah yang membuat pergerakan sendi pelana cukup terbatas.

Letak Sendi Pelana pada Tubuh

Setiap bagian tubuh memiliki jenis sendi untuk menunjang pergerakan tubuh yang maksimal. Adapun letak sendi pelana pada bagian tubuh hanya ada pada 3 bagian ini, yaitu:

1. Ibu jari
Jempol atau ibu jari pada tubuh manusia menggunakan jenis sendi pelana. Anda bisa mencoba gerakan ibu jari dan terlihat hanya bisa dilakukan dua arah. Bahkan tidak bisa berputar 360 derajat meski bisa berputar pada porosnya sendiri. Sendi pelana tidak hanya terdapat pada ibu jari, jempol kaki juga memiliki sendi pelana.

2. Telapak tangan
Letak sendi pelana selanjutnya pada bagian tubuh yang memiliki sendi pelana yaitu pada telapak tangan. Sama seperti ibu jari, telapak tangan kita hanya bisa bergerak ke dua arah. Sebenarnya kita bisa memutar telapak tangan tapi dengan kondisi yang terbatas.

3. Pergelangan tangan
Posisi sendi pelana yang terakhir yaitu ada pada pergelangan tangan. Tentunya kita hanya bisa menggerakkan tangan kita ke dua arah. Bahkan, kita juga bisa memutar pergelangan tangan, tapi tidak sampai 360 derajat. Namun, Anda harus berhati-hati jika ingin memutar pergelangan tangan karena dapat menyebabkan cedera. Karena tentunya ada batasan yang bisa dilakukan oleh sendi pelana.

Dukung Mobilitas Fisik untuk Hidup Lebih Sehat Dengan Sendi yang Sehat

Setelah mengetahui macam-macam persendian, maka dapat disimpulkan bahwa persendian ini sangat penting perannya sebagai bagian dari sistem gerak tubuh. Sendi yang kuat membantu Anda bergerak dengan mudah dan nyaman. Jadi bukan hanya fokus pada tulang saja namun juga sendi.

Salah satu alasan Anda perlu menjaga kesehatan sendi adalah untuk menghindari pengapuran (osteoarthritis), yang merupakan masalah sendi yang paling umum. Jangan membuat kesalahan karena Osteoarthritis tidak hanya dialami pada orang tua tetapi bahkan dialami oleh mereka yang masih produktif dan muda juga.

Sering mengangkat beban berat, gaya hidup tidak sehat, obesitas, sering cedera, tidak aktif adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tulang dan sendi. Terutama penipisan bantalan tulang rawan sehingga menimbulkan rasa sakit akibat gesekan tulang.

Tentu saja, tidak ada yang ingin kehilangan fleksibilitas saat bepergian. Untuk mencegah risiko ini, lengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dengan Anlene Activit. Komposisi nutrisi kolagen + vitamin C sangat penting untuk menjaga kelenturan sendi.

Anda juga bebas bergerak, lebih kuat untuk melakukan aktivitas dengan mantap seperti biasa tanpa khawatir nyeri sendi. Sedangkan bagi Anda yang tertarik dengan gaya hidup sehat, Anlene Gold Plus adalah pilihan yang tepat. Komposisi nutrisi MoveMax plus tidak hanya menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Selain nutrisi lengkap yaitu kaya akan sumber serat, potasium dan tanpa tambahan gula, Anlene Gold Plus membantu menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan gula darah tetap normal. Tentu memahami letak sendi pelana bukan berarti hanya menjaga kesehatan sendi pelana saja namun juga keseluruhan sendi pada tubuh manusia.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.