4 Makanan Khas Banjarmasin yang Populer

4 Makanan Khas Banjarmasin yang Populer

4 Makanan Khas Banjarmasin yang Populer

Tahukah Anda dengan kota Banjarmasin! Banjarmasin merupakan Kota wilayahnya terdapat di Provinsi Kalimantan selatan.Kota ini juga mendapatkan julukan sebagai kota Seribu Sungai karena jumlah sungainya yang sangat banyak.namun bukan hanyar sungainya saja yang banyak, Banjarmasin juga memiliki makan khas daerah. Makanan daerahnya pun sangat enak dan mantap rasanya. Jadi kalo kalian berkunjung ke Banjarmasin cobalah makanan khas daerahnya yang rasanya tak pernah bohong.

Jadi jika Anda berkunjung ke kota Banjarmasin Untuk jangan lupa menikmati kuliner khas yang sudah ada. Berikut ini makanan khas daerah yang ada di daerah Banjarmasin yang saya ketahui:

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Ke Banjarmasin, hukumnya wajib mencicipi kuliner satu ini. Soto yang melegenda di Nusantara itu sudah populer asal-muasalnya, yakni dari Kalimantan Selatan. Berbeda dengan kuliner soto dari daerah lain, soto Banjar punya karakter sendiri. Kuahnya lebih kuning, padahal umumnya tak memakai kunyit.
Hanya, rempah-rempahnya lebih kuat. Bumbu-bumbunya meliputi kayu manis, biji pala, dan tambahan cengkeh. Bagian yang membuat khas, soto Banjar memakai tambahan perkedel, kentang rebus, dan dihidangkan dengan potongan ketupat. Sedangkan biasanya, daging yang dipakai untuk menu utamanya adalah daging ayam suwir.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan merupakan Penganan berkuah yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan, Namun makanan ini juga cukup banyak ditemukan di kota Banjarmasin. Pada umumnya ketupat kandangan disajikan dengan kuah santan. Bedanya, di dalam kuah itu terdapat rebusan daging ikan gabus. Adapun bumbu-bumbu tradisional yang melengkapinya ialah kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Rasanya gurih dan cocok dimakan saat siang ataupun sarapan.

3. Gangan Humbut

Bila masyarakat Jawa terkenal memiliki sayur lodeh, warga Kalimantan Selatan punya gangan humbut. Kuliner ini sering disajikan sebagai penganan wajib pada acara-acara khusus, seperti hajatan. Kuliner ini merupakan kuliner tradisional kota Banjarmasin yang dimasak dengan menggunakanbahan dapur seperti bumbu bawang merah yang dicampur dengan santan, kacang panjang dan labu serta humbut.

4. Cacapan Asam

Jika orang Jawa biasa dengan kuliner manis, maka Banjarmasin lebih akrab dengan kuliner bercita rasa manis, asam, pedas, dan gurih. Cacapan Asam merupakan sebuah kuliner yang berisi buah-buahan yang dicincang-cincang, lalu dicampur dengan asam jawa, cabai rawit, bawang merah, dan garam Sebagai cipta rasanya. Biasanya dicampur dengan terasi yang dibakar. Semua bahan dipotong dan dicampur.

Itulah ke 4 makanan khas daerah Banjarmasin yang sangat di sukai para Traveler jika berkunjung ke kota seribu sungai Banjarmasin.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *