Jarang Diketahui, Inilah Manfaat AC untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat AC untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat AC untuk Kesehatan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sedini mungkin. Mulai dari memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, menjalani gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, hingga memerhatikan penggunaan AC di hunian Anda. Ya, meskipun terkesan sederhana, ternyata AC pk besar hemat di rumah Anda bisa membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja, ya?

1. Mengurangi dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana seseorang memiliki suhu panas yang berlebih sehingga mudah berkeringat dan cairan tubuh pun berkurang. Nah, dengan menggunakan AC, kamu tidak perlu khawatir untuk merasakan panas dan terdehidrasi karena terlalu banyak mengeluarkan keringat. Udara yang dikeluarkan oleh AC juga merupakan udara yang cenderung lebih bersih jika dibandingkan dengan kipas angin.

2. Meningkatkan kualitas udara

Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya, udara yang dikeluarkan oleh AC merupakan udara sejuk yang bersih. Hal ini dikarenakan AC pada umumnya memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan juga bakteri sehingga kualitas udara di ruangan pun menjadi lebih baik dibandingkan menggunakan udara dari luar. Namun, perlu diketahui juga bahwa AC yang sudah tidak lama dibersihkan bisa berdampak negatif untuk kesehatan. Jadi, jaga selalu kebersihan AC dan penyaringnya, ya.

3. Mengurangi risiko asma dan alergi

Kualitas udara yang dikeluarkan oleh AC tentunya jauh lebih bersih karena sudah melewati proses penyaringan. Dengan demikian, penggunaan AC ini bisa menjauhkan kamu dari asma dan alergi. Penggunaan AC juga dapat menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang menjadi penyebab asma ataupun alergi.

4. Menjaga suhu ruang untuk bayi

Manfaat AC ini juga berlaku untuk bayi, lho. Hal ini dikarenakan bayi masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya, sehingga AC ini berperan untuk menstabilkan suhu si kecil. Tidak hanya itu, udara yang sejuk dan bersih juga tentunya dapat memberikan si kecil kualitas tidur yang lebih baik.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan AC dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh penggunaan AC yang dapat memengaruhi kualitas dan kebersihan udara menjadi lebih baik. Jika kamu tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah suhu udara yang panas di siang hari. Ini bisa membuat kualitas napas menjadi berkurang. Maka dari itulah stress pada jantung dan fungsi kardiovaskular terjadi sehingga risiko serangan jantung pun meningkat.

Nah, sekarang kamu tahu kan ada banyak manfaat AC untuk kesehatan tubuh? Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *