Berbagai Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Pisang merupakan salah satu buah kaya manfaat yang tumbuh subur di daratan Indonesia. Bahkan ragam buah satu ini di Nusantara sangat banyak. Mulai dari ambon, kepok, muli, hingga pisan impor seperti Cavendish. Ternyata, manfaat pisang untuk ibu hamil juga sangat banyak terutama dalam memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu dan janin.

Memiliki rasa manis, pisang dapat dikonsumsi langsung atau dibuat berbagai macam kue. Pisang goreng, bolu pisang, puding pisang, dan berbagai olahan makanan lain berbahan pisang bisa Anda temukan dengan mudah. Namun, yang paling baik pisang dikonsumsi langsung, terutama oleh ibu hamil.

Ketika hamil wanita memang kerap mendapatkan masalah, seperti sembelit, mulai, muntah, atau kram kaki. Permasalahan seperti ini ternyata dapat diminimalkan dengan mengonsumsi pisang setiap hari.

Pentingnya Kecukupan Nutrisi pada Masa Kehamilan

Buah merupakan sumber nutrisi yang sangat sehat terutama jika dikonsumsi ibu hamil dapat memberikan banyak efek positif. Vitamin C, beta-karoten, asam folat, serat, dan kalium terdapat dalam buah-buahan segar dan berperan penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil maupun perkembangan janin.

Buah yang paling bagus untuk dikonsumsi saat hamil adalah pisang, mangga, apel, alpukat, jeruk, dan nanas. Selain itu, mengonsumsi buah yang dikeringkan juga bagus dijadikan camilan saat masa kehamilan, karena mampu mencegah infeksi saluran kemih. Buah kering seperti kurma, jujube, ceri, dan jenis buah beri akan sangat baik untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi buah memang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil, tapi sebelum dikonsumsi buah harus dicuci dengan baik menggunakan sikat dan air mengalir selama 20 detik. Juga bisa menggunakan sabun pencuci buah yang khusus untuk mengangkat kotoran dan pestisida dari buah-buahan. Selain itu, pastikan buahnya masih segar.

Manfaat Pisang Bagi Pertumbuhan Janin

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hail. Karena kandungan di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, seperti kalium, magnesium, vitamin B dan C, mineral, serta mangan dan folat. Pisang untuk ibu hamil memang kaya akan manfaat, diantaranya:

1.     Meminimalkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Asam folat adalah nutrisi yang penting bagi tubuh, terutama wanita yang tengah mengandung. Nutrisi satu ini sangat bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan janin dalam rahim ibu. Memenuhi kebutuhan asam folat, membuat kelahiran bayi cacat dapat diminimalkan.

Pertumbuhan bayi dalam kandungan akan terjaga apabila mengonsumsi asam folat yang cukup dan nutrisi ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi pisang. Setidaknya, ibu harus mengonsusi 400 mikrogram asam folat setiap hari selama masa kehamilan dan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi beberapa buah pisang.

2.     Menangkal Radikal Bebas

Sekitar 80-85 mg vitamin C dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya dan pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Kandungan vitamin C ini akan sangat membantu untuk menangkal radikal bebas yang bisa memasuki tubuh, apalagi ketika beraktivitas di luar ruangan.

Kandungan vitamin C ini juga dapat membantu pembentukan kolagen dalam tulang, memperbaiki jaringan, penyembuhan luka, juga membantu merawat kulit dan pembuluh darah. Selain pisang, ibu hamil juga bisa mendapatkan bantuan asupan vitamin C dari buah mangga dan jeruk.

3.     Mengatasi Sembelit

Sembelit juga sering terjadi pada ibu hamil dan membuat kondisi kehamilan terasa semakin tidak nyaman. Perubahan hormon, tekanan pada usus seiring membesarnya rahim, dan kurangnya zat besi dan vitamin dapat menyebabkan sembelit.

Hal ini bisa diatasi dengan memakan buah pisang setiap hari. Dalam sebiji pisang terdapat kurang lebih 2,5 gram serat dan yang dibutuhkan tubuh ibu hamil sekitar 25-30 gr sehari. Dengan 10 biji pisang yang diolah menjadi berbagai makanan, kebutuhan serat sudah terpenuhi.

4.     Meringkan Morning Sickness

Keluhan lain yang juga sering dirasakan oleh ibu hamil terutama pada trimester pertama dan kedua adalah mual dan muntah di pagi hari. Seringkali, hal ini juga diikuti dengan kurangnya nafsu makan dan membuat tubuh ibu hamil semakin lemas.

Morning sickness tidak hanya dapat dirasakan pada pagi hari, tapi juga siang atau malam. Untuk membantu mengatasinya, ibu hamil bisa mengonsumsi pisang. Selain meredakan mual, pisang juga mengandung nutrisi yang membuat cepat kenyang serta mudah dicerna.

5.     Meringankan Kram Kaki

Kram kaki memang sangat mengganggu karena membuat aktivitas menjadi semakin terhambat. Dengan mengonsumsi pisang, ibu hamil dapat meringankan kram kaki karena kandungan kalium di dalamya dapat menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu kinerja saraf serta otot.

Pisang tidak hanya bisa dimakan secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus, smoothies, salad, atau mencampurkannya ke dalam sereal dan oatmeal yang dikonsumsi pada pagi hari. Karena manfaat pisang untuk ibu hamil sangat banyak, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi buah ini setiap hari, baik sebagai makanan utama ataupun camilan. Semoga informasi mengenai manfaat buah pisang untuk ibu hamil bermanfaat untuk Anda.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *