7 Manfaat Pohon Okra untuk Kesehatan

7 Manfaat Pohon Okra untuk Kesehatan

7 Manfaat Pohon Okra untuk Kesehatan

Okra menjadi salah satu bahan sayuran yang sering ditemui di pasaran. Hanya saja banyak orang tidak menyadari kalau okra ternyata punya banyak manfaat. Keberadaan pohon okra tentu akan menjadi berkah tersendiri karena bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah 7 manfaat yang bisa didapatkan dari okra.

1. Melancarkan Pencernaan

Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang punya kandungan serat tinggi. Jenis serat yang tinggi dalam okra ini adalah serat tidak larut yang akan membantu memperlancar pencernaan. Serat pada okra akan meningkatkan berat feses kemudian memperlancar perjalanan feses hingga dibuang. Efektivitas usus dalam mencerna dan menyalurkan sisa makanan akan meningkat setelah konsumsi okra.

2. Mencegah Kanker

Okra diketahui memiliki kandungan lektin yang berpotensi untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Lektin ini juga sangat efektif untuk memperlambat perkembangan sel kanker yang menyerang tubuh manusia. Namun, konsumsi okra bagi pasien kanker ini juga tetap harus dikonsultasikan dan diimbangi dengan tahap pengobatan yang disarankan oleh dokter.

3. Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, keberadaan pohon okra di halaman rumah tentu akan sangat membantu. Okra menjadi salah satu jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien dengan kondisi diabetes. Okra akan membantu membuat gula darah stabil serta memperlambat proses penyerapan glukosa di usus. Konsumsi okra secara rutin akan sangat membantu menjaga stabilitas serta menurunkan kadar gula darah.

4. Mencegah Gangguan Ginjal

Okra juga diketahui bagus untuk dikonsumsi karena bisa menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi okra akan menghindarkan tubuh dari penyakit ginjal. Lalu bagaimana hubungannya dengan terbentuknya asam urat pada ginjal? Manfaat okra untuk asam urat seringkali dipertanyakan dan banyak yang mengira bahwa okra juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Okra memiliki kandungan oksalat yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Oksalat juga akan memicu munculnya batu asam urat di bagian ginjal. Sebenarnya konsumsi okra diperbolehkan bagi penderita asam urat hanya saja dalam kadar yang wajar. Okra untuk asam urat tidak begitu direkomendasikan namun bisa dikonsumsi sesekali.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah jelas harus diatasi dengan solusi yang tepat. Konsumsi okra ternyata bisa jadi salah satu pilihan solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang meningkat dalam tubuh. Polisakarida yang ada di lendir sayuran okra diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol.

Okra juga memiliki kadar serat tak larut yang cukup tinggi. Serat ini memiliki peran penting dalam mengendalikan laju penyerapan gula di bagian usus. Hal ini akan berpengaruh juga pada menurunnya kadar kolesterol yang masuk ke darah. Jadi, konsumsi okra cukup disarankan bagi penderita kolesterol tinggi.

6. Meringankan Asma

Penderita asma juga disarankan untuk mengonsumsi sayuran okra agar gejala yang dirasakan bisa lebih ringan. Okra mengandung vitamin C juga antioksidan yang bisa membantu mengendalikan asma. Kandungan antioksidan ini juga akan membantu mencegah terjadinya kerusakan jaringan pada paru-paru yang biasanya dipicu oleh kondisi asma.

7. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Okra menjadi salah satu bahan makanan yang efektif menurunkan risiko osteoporosis. Okra mengandung vitamin K yang akan mempercepat penyerapan kalsium dalam tulang. Rutin mengonsumsi okra bisa membantu tulang jadi lebih kuat sehingga risiko osteoporosis di usia tua bisa diminimalkan.

Itulah ragam manfaat yang bisa didapatkan dari pohon okra. Okra menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat aman untuk dikonsumsi dan bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Kamu bisa mengolah okra menjadi beragam jenis makanan yang lezat untuk dinikmati setiap hari.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *