3 Nutrisi Penting Yang Kamu Butuhkan Dalam Berolahraga

3 Nutrisi Penting Yang Kamu Butuhkan Dalam Berolahraga

3 Nutrisi Penting Yang Kamu Butuhkan Dalam Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang baik untuk tubuh sekaligus menyenangkan, bahkan banyak sekali pengelola event seperti Race management yang mengadakan event olahraga secara bersamaan agar mereka dapat melakukan kegiatan fisik dengan cara yang cukup menyenangkan. Banyak sekali bentuk olah raga yang dapat kamu lakukan seperti cardio, angkat beban, home workout, jogging dan masih banyak lagi. Akan tetapi inti dari pada olahraga adalah kesehatan yang mana kesehatan tersebut tidak bisa kamu tempuh hanya dengan berolahraga saja, kamu membutuhkan konsumsi makanan yang tepat guna membangun pola hidup yang sehat. Untuk kamu yang gemar sekali berolah raga, ini dia makanan yang cocok dikonsumsi sebelum kamu melakukan kegiatan fisik.

1. Karbohidrat

Pada saat melakukan diet dan olah raga, banyak sekali orang yang menghindari karbohidrat karena mereka menganggap bahwa kandungan yang satu ini dapat membuat mereka gemuk. Padahal karbohidrat itu sendiri mengandung glukosa yang digunakan otot sebagai bahan bakar saat berolahraga, sehingga apabila kamu tidak mengkonsumsi karbohidrat yang cukup tentu hal tersebut bisa berdampak buruk kepada tubuh kamu. Di samping itu, karbohidrat juga dapat disimpan sebagai glikogen yang bisa digunakan sebagai cadangan energi. Akan tetapi memang perlu diperhatikan bahwa glikogen yang tidak terpakai akan menjadi lemak yang bisa membuat kamu gemuk, oleh sebab itu iringi konsumsi karbohidrat yang cukup dengan olahraga yang rutin.

2. Protein

Banyak penggiat fitness atau body building yang pasti sudah tidak asing dengan kandungan yang satu ini. Protein dibutuhkan untuk membentuk otot dan sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot. Sebenarnya kamu bisa mengkonsumsi protein sebelum dan setelah olahraga, akan tetapi ada sejumlah manfaat yang kamu dapat jika mengonsumsi protein sebelum olahraga, yaitu adalah meningkatkan kekuatan dan massa otot, membantu pemulihan otot, serta membantu performa otot. Untuk kamu yang ingin hidup sehat sembari memperbaiki bentuk tubuh, mengkonsumsi protein yang cukup adalah kuncinya.

3. Lemak

Jangan beranggapan bahwa lemak adalah nutrisi yang selalu buruk, karena faktanya lemak terbagi menjadi dua yaitu lemak baik dan lemak buruk. Secara umum, lemak adalah glikogen yang tidak terpakai sehingga dalam menjadi sumber energi yang bisa digunakan untuk olahraga dengan intensitas menengah hingga intensitas tinggi, akan tetapi kamu juga bisa mendapatkan sumber lemak dari makanan tertentu tidak hanya dari makanan yang mengandung karbohidrat saja. Sebuah studi mengungkap bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung 40% lemak memiliki daya tahan yang lebih baik saat melakukan cardio seperti jogging dan lain sebagainya.

Kesehatan merupakan hal yang fundamental yang sering diremehkan terutama kamu anak muda, biasanya mereka jarang berolahraga dan cenderung mengkonsumsi makanan dengan tidak memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu kamu harus membangun pola hidup sehat sedini mungkin agar kamu bisa meminimalisir penyakit yang kamu dapatkan di masa tua nanti.

Untuk kamu yang ingin memulai fitness, kamu bisa membeli peralatan di toko ini: https://www.genetixfitness.id/

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *