Beberapa Obat Alami Atasi Sariawan yang bisa Anda Coba

Beberapa Obat Alami Atasi Sariawan yang bisa Anda Coba

Beberapa Obat Alami Atasi Sariawan yang bisa Anda Coba

Seperti yang kita ketahui, hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Nah, obat sariawan dengan bahan alami sering digunakan sebagai salah satu solusi agar bisa mengatasi keluhan sariawan yang mengganggu. Berikut ini kami sudah rangkum beberapa obat alami atasi sariawan yang bisa Anda coba.

Sebelum itu Anda harus tahu penyebab munculnya sariawan yang sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Tetapi, sariawan di bibir, lidah, atau sekitar mulut bagian dalam lebih dapat berisiko muncul kalau Anda sedang stres, akibat dari infeksi virus atau jamur, alergi dengan makanan, atau kekurangan vitamin dan mineral.

Tidak hanya itu, gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh, siklus menstruasi, perubahan hormon, cedera yang terdapat pada lidah atau dinding mulut akibat tergigit, dan luka di mulut juga dapat menjadi penyebab timbulnya sariawan. Langsung saja simak obat alami atasi sariawan di bawah ini!

1. Air Garam

Garam mempunyai sifat antiseptik, pembersih dan dapat menenangkan. Sehingga membuat garam menjadi obat rumahan alami yang bisa mengatasi masalah mulut. Pengobatan sariawan dengan menggunakan air garam dapat dilakukan dengan membilas mulut menggunakan air garam dan akan membantu meringankan gejala sariawan oral.

Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam di dalam 1 gelas air hangat. Kemudian kumurlah larutan ke seluruh mulut dan keluarkan larutan garam tersebut.

2. Baking Soda

Dengan membilas mulut dengan campuran sedikit baking soda bisa membantu dalam mengobati kandidiasis mulut.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti tersebut melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida Albicans yang dapat melekat pada resin akrilik. Tes ini bertujuan untuk mensimulasikan desinfektan gigi palsu harian.

Sehingga para peneliti tersebut mengatakan bahwa meskipun bukan bentuk desinfektan yang efektif namun baking soda dapat jadi alternatif obat sariawan. Caranya yaitu larutkan 1/2 sendok teh ke dalam 1 gelas air yang hangat. Berkumurlah pada seluruh bagian mulut kemudian keluarkan.

3. Yogurt

Yogurt dapat menjadi salah satu pilihan untuk obat sariawan yang ampuh digunakan anak dan dewasa. Yogurt memiliki kandungan bakteri hidup “baik” yang bisa membantu. Yogurt bisa membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat yang ada di dalam mulut.

Dengan teksturnya yang lembut maka akan membuat yogurt menjadi makanan enak yang dapat dinikmati meskipun Anda mengalami kesulitan mengunyah yang disebabkan oleh lesi mulut. Pilihlah yogurt tanpa tambahan pemanis sebab jamur bisa tumbuh subur dengan gula.

4. Lemon

Jus lemon diklaim mempunyai kemampuan antiseptik dan antijamur yang bisa membantunya melawan jamur yang menyebabkan timbulnya sariawan. Lemon juga tinggi akan kandungan vitamin C sehingga bisa membantu dalam memulihkan luka sariawan yang terjadi di area mulut.

Menurut sebuah penelitian kecil pada tahun 2009, jus lemon ditemukan menjadi sebuah pengobatan yang lebih efektif untuk sariawan oral. Anda bisa menambahkan jus lemon ke dalam air yang hangat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai obat kumur atau mengoleskan jus lemon langsung pada area sariawan.

5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin. Kurkumin merupakan senyawa kuat yang dianggap mempunyai kemampuan anti inflamasi. Menurut penelitian pada tahun 2010 pada tikus, kurkumin bisa membantu mengobati sariawan oral. Studi ini menemukan bahwa kurkumin sebagai anti jamur pada spesies albicans dan non albicans candida, terutama saat dikombinasikan dengan piperin. Piperin merupakan senyawa yang ditemukan di dalam lada hitam yang akan membantu tubuh menyerap kunyit.

Nah, itulah obat alami atasi sariawan yang bisa Anda gunakan dan tentunya untuk mendapatkan obat – obat tersebut sangat mudah.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *