Inilah Obat Asma Herbal yang Aman untuk Dikonsumsi

Inilah Obat Asma Herbal yang Aman untuk Dikonsumsi

Inilah Obat Asma Herbal yang Aman untuk Dikonsumsi

Salah satu penyakit saluran pernapasan yang paling sering diidap oleh masyarakat adalah asma. Penyakit akibat dari penyempitan dan peradangan saluran napas ini dapat terjadi pada anak hingga orang dewasa. Namun adakah obat asma herbal yang bisa dikonsumsi?

Asma bisa kambuh oleh asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia. Tetapi, sampai saat ini penyebab dari asma belum diketahui secara pasti. Asma bisa timbul sejak masih bayi karena faktor keturunan atau ketika dewasa karena faktor eksternal, seperti sebuah polutan dan alergi. Nah, bagi Anda yang mengidap penyakit asma, Anda bisa mengkonsumsi obat asma herbal atau dari medis.

Bakteri yang berasal dari debu bisa menjadi sebuah pemicu utama faktor risiko dari asma. Bakteri tersebut bernama endotoxin yang pada umumnya ada pada perkakas rumah, terutama pada kamar tidur yang bisa menimbulkan gejala asma.

Tak selamanya Anda harus mengonsumsi obat-obatan dari medis, karena selain ada efek sampingnya, obat asma alami juga relatif mudah untuk ditemukan. Jadi, Anda bisa menggunakan sumber alami tersebut tanpa harus khawatir akan mengalami efek samping dari obat.

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memiliki berbagai khasiat, termasuk sebagai sumber anti-inflamasi. Peradangan pada saluran napas penderita asma bisa mereda jika mengkonsumsi bawang putih. Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar bisa membuktikan khasiatnya bagi pengobatan asma jangka panjang.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih ini secara mentah atau mendidihkan 2-3 siung ke dalam air kemudian minum air rebusan tersebut setelah dingin. Namun, jika tidak suka aroma bawang putih yang menyengat, Anda bisa mengonsumsi sup ayam yang bisa melegakan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir.

Kunyit

Obat asma alami berikutnya masih berasal dari rempah. Dalam beberapa penelitian, kunyit terbukti memiliki sifat anti-alergi. Oleh karena itu, kunyit terbukti efektif meredakan histamin. Histamin sendiri adalah sel dalam tubuh yang memproduksi zat kimia ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi, yang sering terjadi dalam serangan asma.

Jahe dan Madu

Nah, ramuan minuman satu ini hampir selalu ada pada tip kesehatan manapun, termasuk obat asma herbal ini. Senyawa gingerol yang terdapat pada jahe juga bersifat anti peradangan. Jadi, tumbuhan ini akan meredakan peradangan pada saluran pernapasan Anda ketika mengalami serangan asma.

Penyajiannya pun terbilang cukup mudah. Siapkan beberapa rimpang jahe lalu bersihkan, potong hingga berukuran kecil. Cemplungin ke air dalam panci lalu rebus jahe hingga mendidih. Setelah itu Anda sajikan jahe selagi hangat dan tambahkan madu sebagai pemanis alami. Dijamin, asma Anda akan segera mereda.

Omega-3

Asam lemak omega-3 bisa menjadi obat alami agar bisa mencegah sakit jantung. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan serta meningkatkan kerja paru-paru.

Walaupun terlihat menjanjikan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim ini. Namun, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi makanan kaya omega-3 yang punya banyak manfaat kesehatan lainnya.

Kopi

Saran berikut memang terdengar sedikit aneh. Namun, kopi ternyata bisa jadi obat alami bagi pengidap asma, tentunya bagi mereka yang tidak punya masalah dengan lambung.

Kafein pada kopi terbilang sebagai bronkodilator atau obat yang biasa untuk penderita asma agar bisa melegakan pernapasan. Dalam sebuah studi pada 2010, kafein terbukti efektif mengurangi sesak napas penderita asma. Namun, khasiatnya baru terasa empat jam setelah mengkonsumsinya.

Nah, itulah obat asma herbal yang bisa Anda konsumsi agar bisa meredakan penyakit asma Anda saat kambuh.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *