Penjelasan Lengkap Mengenai Work Permit Indonesia

Penjelasan Lengkap Mengenai Work Permit Indonesia

Penjelasan Lengkap Mengenai Work Permit Indonesia

Pekerja asing yang hendak bekerja di Indonesia harus mempunyai work permit Indonesia sebagai bukti bahwa mereka pekerja yang legal dan sah. Karena aturan mengenai imigrasi dapat berubah kapan saja, Anda harus memiliki informasi terkini terkait dengan penggunaan izin kerja. Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai dokumen penting bagi pekerja asing tersebut.

Informasi Work Permit Indonesia Terbaru

Banyak pekerja asing terutama belum mengerti bagaimana teknis dan sistem dari izin kerja yang ada di Indonesia. Biasanya mereka mengandalkan arahan yang diberikan oleh instansi tempat mereka bekerja, sehingga tidak mendapatkan penjelasan secara rinci. Pemahaman terkait dengan surat izin ini cukup penting, sehingga perlu diketahui secara detail.

1. Surat Izin Kerja dan KITAS

Banyak pekerja asing yang masih sulit membedakan mana surat khusus untuk izin kerja dan KITAS. Menurut mereka, jika sudah memiliki KITAS atau izin tinggal sementara, dokumen tersebut dapat digunakan sebagai surat izin terkait dengan pekerjaan. Padahal antara KITAS dengan work permit Indonesia ini memiliki poin yang berbeda.

Agar bisa mendapatkan KITAS sebagai dokumen kependudukan asing yang legal, Anda harus membuat atau mendapatkan IMTA terlebih dahulu. IMTA merupakan surat izin guna mempekerjakan tenaga asing di Indonesia, sehingga kedatangan mereka tercatat secara legal. Setelah mendapatkan IMTA, Anda bisa mengajukan pembuatan KITAS.

2. Perbedaan dengan Visa Bisnis

Visa kerja atau izin kerja berbeda dengan visa untuk melakukan bisnis. Apalagi jika Anda memiliki jenis pekerjaan yang spesifik, penting untuk mengetahui mana jenis dokumen yang diperlukan. Sehingga Anda bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Untuk membedakannya, visa bisnis merupakan visa yang digunakan untuk melakukan pelatihan tidak dibayar, konferensi, hingga seminar. Sedangkan visa untuk bekerja atau work permit Indonesia merupakan dokumen yang digunakan untuk bidang servis atau tenaga kerja yang mendapatkan upah maupun gaji.

3. Syarat yang Harus Dipenuhi

Anda yang ingin membuat suat izin kerja harus mengetahui syarat yang digunakan untuk memudahkan pembuatan dokumen. Diantara syarat yang diperlukan adalah memiliki NPWP serta telah terdaftar dalam Jaminan Sosial Nasional untuk mereka yang bekerja lebih dari enam bulan.

Kemudian dokumen asuransi dari Indonesia, surat atau laporan mengenai pelatihan yang pernah dilakukan serta keahlian yang dimiliki, sertifikat terkait dengan kompetensi yang dimiliki dan relevan dengan pekerjaan yang dimiliki, serta memenuhi kualifikasi untuk melamar pekerjaan. Dengan memenuhi syarat tersebut, tenaga kerja asing bisa mendapatkan surat izin kerja dari pemerintah Indonesia.

4. Masa Berlaku Surat Izin Kerja

Work permit Indonesia memiliki rentang waktu yang berbeda, tergantung dengan jenis pekerjaan dan lamanya kontrak bekerja. Umumnya surat izin tersebut berlaku dari enam bulan sampai satu tahun dan terbagi dalam beberapa jenis, yakni izin kerja mendesak, jangka panjang, dan izin kerja sementara.

Untuk izin kerja panjang, jangka waktu surat tersebut berlaku lebih dari enam bulan sampai satu tahun. Sedangkan untuk surat izin kerja yang bersifat sementara hanya berlaku selama dua bulan. Terakhir adalah surat izin kerja mendesak yang hanya memiliki masa berlaku antara satu sampai dua bulan saja.

Anda bisa mendapatkan bantuan terkait dengan pembuatan surat izin kerja di permitindo.com. Sehingga proses pembuatan dokumen bisa dilakukan dengan lebih mudah, jelas, dan dengan teknis yang tertata.

Semoga informasi mengenai work permit Indonesia tersebut dapat menambah pengetahuan untuk Anda, terutama untuk tenaga kerja asing yang hendak bekerja di Indonesia. Anda bisa mengurus surat izin kerja tersebut secara mandiri maupun dengan bantuan instansi  yang legal.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *