Pesona Eksotik Raja Ampat Indonesia, Wisata Bahari Dunia

Pesona Eksotik Raja Ampat Indonesia, Wisata Bahari Dunia

Pesona Eksotik Raja Ampat Indonesia, Wisata Bahari Dunia

Berbagai kegiatan promosi pariwisata seperti Sail Raja Ampat, semakin mengukuhkan Raja Ampat Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata bahari dunia. Bahkan, dengan keindahan dan keanekaragaman hayati lautnya, kepulauan Raja Ampat memang telah diusulkan oleh Pemerintah Indonesia kepada UNESCO untuk dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia (World Heritage Site). Itulah mengapa Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, dalam satu dekade terakhir ini sering menjadi buah bibir para penggemar snorkeling dan diving baik domestik maupun mancanegara.

Selain menikmati tamasya bawah laut terumbu karang terindah di dunia dengan kehadiran ikan-ikan parinya, di Raja Ampat Indonesia kamu juga dapat mengamati burung cendrawasih, spesies burung langka di alam bebas. Tidak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik untuk mengunjungi Raja Ampat ini. Bahkan kabarnya, sekitar satu setengah abad yang lalu tepatnya pada tahun 1860, seorang naturalis asal Inggris bernama Alfred Russel Wallace, disebut sebagai orang kulit putih pertama yang mengungkapkan kekagumannya terhadap keindahan Raja Ampat.

Bagaimana Akses Menuju Raja Ampat?

Waisai adalah Ibukota kabupaten Raja Ampat yang terletak di pulau Waigeo, di mana Waisai ini merupakan gerbang untuk menjelajahi keindahan Raja Ampat. Ada dua pilihan transportasi yang bisa kamu pilih menuju Waisai. Yaitu dengan menggunakan kapal laut yang berangkat dari pelabuhan rakyat Sorong sekitar 1,5 jam. Atau kamu juga bisa menggunakan angkutan udara dengan pesawat kecil. Kamu tertarik untuk menggunakan alat transportasi yang mana?

Di Waisai, pembangunan sarana dan prasarana terus digiatkan untuk mempercantik kota dan mendukung program ekoturisme yang dicanangkan oleh pemerintah. Pembangunan fisik wilayah Raja Ampat Indonesia telah dilakukan dengan sangat hati-hati demi menjaga kelestarian alamnya yang juga didukung dengan kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Maka, tidak salah dalam berbagai survei pariwisata, Raja Ampat memang sering terpilih sebagai kawasan wisata bahari yang paling menarik di Indonesia.

Menyelam di Raja Ampat? Kenapa Tidak

Menyelam ditemani dengan kuda laut dan ikan pari Manta menjadi suatu pengalaman yang hanya bisa ditemui di Raja Ampat. Selain kelengkapan flora dan fauna yang memukau, fosil sisa pesawat karam yang menjadi peninggalan Perang Dunia II juga bisa kamu jumpai di beberapa tempat penyelaman, seperti di Pulai Wai. Menyaksikan fosil sisa pesawat karam yang menjadi peninggalan Perang Dunia II memang bisa menjadi pelengkap keindahan yang sangat dicari oleh para penyelam. Pengalaman menyelam di Raja Ampat yang pasti akan menjadi pengalaman liburan yang tidak habis diceritakan dan dibanggakan.

Tetapi kita juga harus sadar, bahwa dengan gencarnya pariwisata di Kepulauan Raja Ampat, ada sebuah ancaman terhadap keragaman hayatinya, misalnya terumbu karang yang rusak akibat ulah dari manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga lingkungan di tempat kita berwisata, agar keindahan serta keragaman flora dan fauna itu akan terus dilestarikan sampai generasi-generasi selanjutnya.

Saat kamu mendengar istilah Mutiara indah di ujung timur Indonesia, itulah yang menggambarkan Raja Ampat Indonesia. Bagaimana? Kamu tertarik untuk menghabiskan waktu liburan dengan berpetualang dari pulau ke pulau di Raja Ampat? Tunggu apa lagi. Jangan hanya mencariĀ  informasi destinasi wisata yang ada di internet saja. Yuk, rencanakan liburanmu dan wujudkan impianmu berlibur ke Raja Ampat Indonesia, serta ke berbagai tempat wisata menarik lainnya yang tersebar luas di Indonesia.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *