4 Rekomendasi Obat Kolesterol, Bantu Kontrol Lemak Darah

4 Rekomendasi Obat Kolesterol, Bantu Kontrol Lemak Darah

4 Rekomendasi Obat Kolesterol, Bantu Kontrol Lemak Darah

Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan seseorang. Salah satu hal terpenting menjaga kesehatan adalah mencegah tubuh dari kadar kolesterol yang tinggi. Pasalnya kolesterol tinggi dapat memicu timbulnya penyakit lain. Memang awal mulanya kamu tidak akan menyadari kolesterol tinggi karena kolesterol tidak ada gejalanya. Oleh karena itu simak informasi berikut ini tentang obat kolesterol yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrolnya.

1. Simvastatin Hexpharm 10mg

Obat yang bisa Anda konsumsi pertama adalah obat Simvastatin Hexpharm ukuran 10mg. Obat ini bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida dalam darah, sekaligus menaikkan kadar HDL (kolesterol baik). Kolesterol buruk yang terlalu tinggi dapat memicu penyakit lainnya termasuk jantung koroner. Oleh karena itu, obat ini juga bisa menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Obat yang termasuk golongan statin ini dapat bekerja dengan cara menghambat enzim pembentuk kolesterol jahat sehingga kadar kolesterol dalam darah berkurang. Apabila kamu ingin mengonsumsi obat ini ada baiknya kamu mengonsumsinya 1 kali setiap hari sesudah makan pada malam hari. Dengan begitu, esok hari kamu bisa merasakan tubuh yang bugar.

Bagi kamu yang memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait penggunaannya. Jangan berlebihan menggunakan obat ini karena dapat mengakibatkan efek samping berupa nyeri perut, konstipasi, kembung, astenia, sakit kepala, miopati, rabdomiolisis, tremor, pusing, maupun vertigo.

2. Fenofibrate Promed 300mg

Pilihan berikutnya yang bisa kamu konsumsi adalah Fenofibrate Promed ukuran 300mg. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL), trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (kolesterol HDL). Merek obat ini adalah termasuk golongan obat fibrat. Obat ini juga bisa mengontrol kolesterol agar tidak memicu penyakit jantung.

Apabila kadar lemak dalam tubuh menurun, sirkulasi darah dalam tubuh pun menjadi lancar. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari gejala gagal jantung dan stroke. Adapun dosis yang bisa kamu konsumsi adalah 300mg 1 kali/hari. Bagi kamu yang memiliki kadar lemak normal adalah 200 mg/hari. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 4 g/L kamu bisa menggunakan dosis yang dapat ditingkatkan menjadi 400 mg/hari.

Bagi kamu yang memiliki kondisi medis tertentu, kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter. Misalnya saja gangguan fungsi hati atau ginjal berat, penyakit pada kandung empedu, memiliki riwayat ikterus. Bagi anak-anak maupun Ibu hamil dan menyusui ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter. Hentikan pemakaian apabila kamu merasakan efek samping seperti sembelit, mual, nyeri perut, sakit kepala, nyeri punggung, rhinitis berat.

3. Rosuvastatin Infion 20mg

Obat kolesterol lainnya yang bisa kamu pilih adalah Rosuvastatin Infion 20mg. Obat yang tergolong dalam jenis statin ini bekerja dengan cara mengontrol kolesterol dan trigliserida sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) sehingga pembentukan kolesterol oleh hati dan kadar kolesterol di dalam darah bisa terkendali.

Kamu juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila kamu memiliki kondisi medis tertentu. Misalnya  memiliki riiwayat alergi terhadap kandungan obat ini, memiliki riwayat penyakit hati akut, memiliki riwayat kanker hati dan miopati. Adapun penggunaan obat ini adalah 1 kali per hari yang dapat dikonsumsi sesudah makan.

Jangan gunakan obat ni kepada wanita hamil dan menyusui maupun kepada kamu yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Pasalnya obat ini dapat memberikan efek samping seperti sakit kepala, pusing, konstipasi, mual, nyeri perut, mialgia, astenia.

4. Evothyl 100mg

Obat yang mengandung zat aktif fenofibrat ini digunakan sebagai obat penurun kolesterol terutama bagi kamu yang memiliki resiko penyakit kardiovaskular. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan menggunakan obat ini, kamu bisa menggunakan dosis 300mg sampai maksimal 400mg sehari. Namun, bagi kamu yang ingin mengonsumsinya agar kolesterol turun dari 200 menjadi 100-an, kamu bisa menggunakan obat ini 2 kali sehari sebanyak 200 mg.

Nah itulah beberapa pilihan obat kolesterol yang bisa kamu pilih. Namun, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis terkait dengan kondisi kamu. Terutama bagi kamu yang memiliki kondisi medis tertentu harus berkonsultasi dengan dokter. Jika tidak, maka dapat menyebabkan hal yang tidak baik untuk tubuh.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *