Agar Tak Salah Pilih, Begini Tips Membeli Cooker Hood/ Penghisap Asap

Agar Tak Salah Pilih, Begini Tips Membeli Cooker Hood/ Penghisap Asap

Agar Tak Salah Pilih, Begini Tips Membeli Cooker Hood/ Penghisap Asap

Cooker hood atau penyaring asap ialah alat untuk menghisap yang dipakai untuk menyingkirkan uap, bau dan asap yang timbul dikarenakan proses masak-memasak. Alat penyaring asap tersebut menghisap dan lalu membuang asap yang kotor ke luar. Dengan begitu, maka udara di ruangan akan tetap sehat dan segar. Karena fungsi penyaring asap itulah, maka cooker hood menjadi salah satu jenis perabot yang tergolong penting untuk ada di dapur. Terdapat hal yang penting diingat sebelum kita memakai penyaring asap yang cocok selain harga penghisap asap dapur rinnai yaitu perlu ditempatkan langsung penyaring asap tersebut di atas kompor. Selain itu, penyaring asap ini perlu juga berada di area yang dekat dengan pasokan listrik. Kalau anda memilih tipe model penyaluran pipa buangan, maka Anda perlu memiliki akses menuju dinding luar.

Cara Kerja Dan Jenis Penyaring Asap

Cooker hood ini bekerja dengan cara ekstaksi dan juga resirkulasi. Pada metode ekstraksi, maka cooker hood akan menghisap asap yang panas dan lalu membuangnya ke luar melalui saluran pembuangan. Sedangkan untuk metode resirkulasi, maka penyaring asap akan menghisap asap dan kemudian memprosesnya sampai bersih. Lalu akan mengalirkannya ke ruangan tersebut kembali. Secara umum, terdapat lima tipe atau model cooker hood untuk bisa Anda tentukan sendiri agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dapur.

Berbagai jenis penyaring asap/ cooker hood mempunyai fungsi berbeda-beda sehingga perlu dengan tepat pemilihannya. Lebih baik jangan lupa memilih ukuran alat penyaring asap yang paling sesuai ukuran kompor. Sedangkan untuk instalasinya, lebih baik pastikan jarak bagian bawah komponen penyaring asap dengan atas kompor kurang lebih 75 cm. Agar lebih jelas, berikut ini tips untuk memilih penyaring asap dengan tepat.

Beberapa Tips Saat Membeli Alat Penghisap Asap

Kalian harus memperhatikan ukuran tudung atau hood yang terpasang pada tembok harus sama ukurannya atau juga lebih besar dibandingkan kompor. Kalau hood ada di (meja tambahan dapur, maka tak perlu penyaring asap berukuran besar, anda cukup pastikan telah melebihi tiga sampai enam inci pada setiap sisinya. Lalu untuk pemasangan alat penghisap asap bisa saja menempel tembok, menghadap dinding, atau berada antara kabinet. Ventilasi udara penyaring asap ini tergantung hunian yang ditinggali.

Apabila anda tinggal di hunian apartemen, maka pilihlah penghisap tanpa memakai saluran besar. Agar dapat memastikan ventilasi, selalu periksa sistem filtrasi di tempat hunian. Pilih alat penghisap dengan menggunakan filter kalau hanya untuk dapur rumah. Tetapi jika restoran, atau toko makanan, maka gunakan penghisap dengan memakai pembuangan keluar. Sementara tinggi ideal penghisap asap terhadap langit-langit yaitu berjarak kurang lebih 27 inci. Cek juga sumber daya listrik untuk penyaring asap. Untuk penggunaan penyaring asap yang profesional, maka pilih cooker hood dengan daya hisap yang besar.

Tetapi untuk dipakai harian, maka Anda bisa memakai cooker hood berdaya hisap rendah. Hal tersebut dikarenakan pemakaian harian biasanya tidak perlu penghisap kuat. Itulah berbagai macam tips yang harus anda perhatikan pada saat ingin memilih cooker hood. Jangan hanya asal saja pada saat menentukan cooker hood tersebut karena tipe dan model cooker hood cukup beragam. Pastikan berbagai kelebihan cooker hood yang akan anda pilih itu sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan juga ukuran cooker hood sesuai dengan ruang yang akan ditempatkan cooker hood tersebut.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *